29 Juni 2021

Rekomendasi Serial Barat Penghibur Hati Tim Rebahan

Semenjak pandemi memaksa kita untuk bekerja dan bersekolah dari rumah, jadi lebih banyak serial dan film yang kita bisa tonton ya?

Ngaku deh..jadi lebih sering rebahan nonton series dan movies kan? List series dan movies yang sudah ditonton jadi lebih panjang dari list yang mau ditonton.

Iya kan? Iya kan? Kan?

Iya aja lah… biar aku ada temen. Soalnya aku begituuu huhuhu.

Tapi buat para orangtua yang harus Bekerja + Mendampingi anak sekolah online, mungkin ngga berlaku ya hihihih

Semangat, moms and dads diluar sana!!!

 

Anyway, bicara soal serial, buat saya pribadi yang dari dulu emang hobinya nonton tuh sekarang malah merasa agak overwhelmed dengan (terlalu) banyaknya pilihan. Too many choices, so little time hahahah.

Layanan streaming aja udah ada banyak..walaupun akhirnya saya nyangkut hanya di 3 :

Amazon Prime, Disney+ dan Netflix.

Oh sama sesekali suka dadakan ambil premiumnya Viu deng.

Genre yang saya suka ya comedy, crime / thriller, atau paduan comedy and crime. Kebayang ya banyaknya pilihan tontonan hanya dari 3 genre itu.

Kamu yang lagi baca tulisan aku ini, suka ngerasa bingung ngga mau nonton yang mana dulu? Aku sih bingung hehehe.

Jadi, buat kamu yang iseng lagi cari rekomendasi tontonan series, lalu nyangkut di blog post aku yang ini, anda beruntung sekaliiii. Karena disini emng lagi mau nge-list series-series favorit aku!

Tapi ada Disclaimer dulu sebelumnya yaaa.

1.       List ini berisi series lama yang udah tamat. Karena begitulah aku, Sukanya oldies but goldies. Naon sih…

2.       Tidak akan ada Korean Drama disini. Bukan anti ya. Aku sesekali ada kok nonton series Korea. But it’s just not my cup of coffee. Got it? Jadi untuk cari rekomendasian series Korean Drama, bisa cek postingan temenku lainnya.

Karena kebetulan postingan kali ini yang bertema series dan movies favorit adalah kolaborasi barengan temen-temen aku di Bandung Hijab Blogger. Daan mereka banyak yang ngasih rekomendasian serial Korea yang oke-oke. Jadi, jangan lupa cek yaaa. Tapi nanti ceknya, setelah baca dulu list aku dibawah ini hehehe

 

1.    PSYCH (2006 - 2014)

Dulu pertama serial ini keluar, masih jamannya beli dvd gitu. Daann tau kan cara melafalkan ‘Psych’ itu gimana? Jauuhh berbeda dari penulisannya, jadi susaaaaahh pisan hanya untuk sekedar bertanya ke si aa yang jualan :

“a, ada serial Psych?”

Jadi biasanya kalau mau hunting dvd season terbarunya Psych, aku udah nyiapin mental.

Atau minimal nyiapin tertulis di kertas deh biar ngga terulang lagi dialog berikut ini :

“A, ada Psych?”

“hah?”

“Psych”

“hah?”

“Psych,a…nu ditulisna P-S-Y-C-H”

“Oohhh pisikh..” (atau terkadang : pesikh)

 

Daann entah kenapa ini serial kok saat itu ngga popular loh disini. Padahal menurut aku, series ini seger bangettt.

 


Karakter utamanya : Shawn Spencer.  itu kelakuannya slengean pisan tapiii matanya tajam terhadap detail  dan punya kemampuan deduktif ala sherlock holmes. Hasil dari didikan bapaknya yang pensiunan detektif. Dulu bapaknya pengen banget Shawn ini jadi detektif seperti dia, bahkan lebih baik dari dia. Tapi yaaa seiring waktu, nanti kita juga tahu kenapa Shawn ngga mau dan ngga bisa jadi pulisi. Bersama sahabatnya sejak bocah, Burton Guster (Gus), mereka buka Psych Detective Agency. Jadi Shawn ini terpaksa bepura-pura jadi cenayang supaya bisa bekerja sama dengan polisi untuk memecahkan kasus-kasus. Gus ini sebenenrya punya karir yang cemerlang sebagai Pharmaceutical Sales. Karakter lainnya adalah Detective Carlton Lassiter dan Juliet O’hara.



Dinamika hubungan antara mereka ber-4 tuh sangat menarik! Ditambah lagi karakter somplak lainnya seperti si ahli coroner yang sayangnya menurut aku kurang banyak dimunculin.

Oya, ini genrenya Crime/Comedy gitu. Banyak pisan kelakuan konyol Shawn and Gus dalam memecahkan kasus.

Dan eratnya persahabatan mereka tuh kadang bikin aku iri..kok aku ngga punya sobat yang se-loyal Gus yak.

 

Anyway, salah satu ciri khas mereka tuh salah satunya adalah Shawn setiap memperkenalkan Gus ke orang-orang tuh ngga pernah pake nama asli, selalu ngarang. Dan buat para fans Psych diluar sana, nama-nama gelo yang dipake Shawn tuh banyak yang membekas dan pada hafal loh.

Oya,series ini ada easter egg nya juga di tiap episode yaitu : NANAS.

 

Buat yang ngga ngerti maksudnya easter egg, googling aja yah. Aku agak bingung mencari kata-kata buat jelasinnya.

 

Khusus serial ini, I would say :  KAMU HARUS NONTON.

Dan tontonlah dengan teks Bahasa Inggris.

Karena bagian lucunya tuh banyak yang permainan kata (pun intended!), yang kalau diterjemahin ke Bahasa Indonesia jadi ngga dapet lucunya. Dan aku lihat, di PSYCH ini sering banget teks Bahsa Indonesia tuh ngga sesuai sama makna sebenarnya.

Aku udah nonton belasan kali kayaknya, dan ngga pernah bosen. Sampe dvdnya rusak. Untung sekarang ditayangin di Amazon Prime Video dan channel FoxCrime hehe.

 

Ini tuh udah lama tamat tapi udah ada 2 film nya loh keluar. Untuk film, hanya ditayangkan di layanan streaming milik CNBC, yaitu  Peacock TV, yang belum masuk Indonesia.

Jadi aku terpaksa nonton cari di telegram hehehe…

 

2.       FRIENDS (1994 - 2004)

Well…could I BE more obvious?



Ngga usah dijelasin lah ya kenapa ini recommended dan bahkan setelah puluhan tahun kemudian, series ini masih relatable untuk ditonton. Aku udah nonton lebih dari 5x deh kayaknya. Yang paling membekas ke aku tuh lebih ke persahabatan dan karir mereka masing-masing dibanding percintaannya.


Dan mereka udah hampir tiap hari nongkrong di coffee shop, jauuuhhhh sebelum coffee shop booming di kita hhaha.

 

3.      MONK (2002  -2009) 

Another series about detective and crimes. Dan lagi-lagi, ini series udah lama tamat tapi masih relatable untuk ditonton. Ngga setua Friends jadi secara teknologi ngga keliatan jadul banget. Cuma ini tepe old school crime solving. Ngga ada teknologi facial recognition, dll yang terlalu sophisticated seperti di CSI atau serial lainnya yang lebih baru. Tapi ini ngga kerasa jadul juga kok. Malah asik, kadang kita kebawa mikir.

 


Karakter utamanya yaitu Adrian Monk dulunya adalah seorang detektif andal. Dengan bawaan OCD (Obsessive Control Disorder) justru dia jadi sangat perhatian dengan detail, daann bisa deductive reasoning juga. Persis seperti Shawn Spencer di Psych, tapi ini lebih tua aja.

Semenjak kematian tragis istrinya, Trudy Monk, yang di-bom mobilnya, Adrian Monk jadi semakin parah kondisi OCD nya. Dan fobia-fobia yang dia miliki pun jadi bertambah banyak. Udah mah sebelumnya memang udah OCD dan banyak fobia, ini karena stress dengan kematian istrinya dan masih belum bisa dipecahkan juga kasusnya, jadi makin parah sampai Monk dikeluarkan dari kepolisian.

 

Monk pun buka jasa detektif swasta dan sering di-hire oleh kepolisian San Fransisco tempatnya dulu bekerja. Sama seperti Psych, konsepnya juga 4 orang. Monk dengan asistennya Sharona (yang lalu digantikan oeh Natalie Teeger di season 3). Dan mantan partner Monk yang sekarang udah jadi kapten yaitu Leland Scottlemeyer dengan Letnan Randy Disher yang sebenernya pinter tapi kadang polosnya itu bikin kita pengen nyubit.

Disini ga akan dapet good looking and young seperti Psych dan Friends, karena karakter-karakternya memang usia diatas 30an semua. Yang lumayan cakep pun cuma Randy Disher aja.


Tapiii kasus-kasus di tiap episodenya very intriguing, dari yang berat sampai yang lucu-lucu.  Monk dengan segala fobia dan rulesnya, Randy Disher dengan kepolosan dan kepedeannya adalah sisi komedinya. Cintanya yang ngga pernah luntur buat Trudy kadang di beberapa episode bikin aku berkaca-kaca. Obsesi Monk dalam memecahkan kasus istrinya adalah benang merah panjang yang mengikat seluruh season.

Kalau nonton ini pakai teks Bahasa Indonesia, masih dapet kok komedinya, ngga seperti Psych.

 

4.     Big Bang Theory (2007 - 2019)

Kalau aku coba rangkum dalam 1 kalimat : Ini adalah smart comedy yang menceritakan tentang orang-orang smart dengan kelakuan yang ngga selalu smart.


Sheldon Cooper dan Leonard Hofstadter adalah 2 ilmuwan di Caltech yang berbagi apartemen, kemudian muncul tetangga baru di seberang apartemen mereka, Penny. Yang berkebalikan banget dari mereka. Di Caltech mereka punya 2 rekan kerja sekaligus temen se-geng yaitu Howard Wolwotz dan Raj Koothrappali.


Sitkom ini tuh fresh deh komedinya, banyak selipan permainan kata yang relate ke science, tapi ngga bikin kita bignung. Kelakuan konyol, polos and sometimes stupid dari tiap karakter juga koplak pisan. Apa sih koplak tuh ya..itu aku bikin istilah sendiri aja hahaha.

Tonton deh. Ini kental nilai persahabatan dan kekeluargaannya. Kita juga bisa nambah banyak pengetahuan baru dari Sheldon, baik itu info penting ataupun ngga penting hihihi…

Salah satu dinamika hubungan yang saya suka disini adalah antara Penny dan Sheldon. Keduanya sering bentrok, sangat ngga nyambung, sangat beda. But in the end, they loved each other. NOT as a couple ya, karena Penny dipasanginnya sama Leonard.

 

Okey segitu dulu ya listnya. Sebenarnya masih ada beberapa series yang saya sukaaa banget. Tapi kalau semua dimasukin, kepanjangan nih tulisannya.

Dari 4 diatas, ada yang udah kamu tonton juga kah? And did you like it? Share your thoughts di bagian comment yak!

See you. Thanks for reading.

Stay healthy and happy.


8 komentar:

  1. Kalau yg friend aku nonton teh , smpet direkomendasi in sama tmn2 yg hobi nonton serun sih real life bangeut hehe

    BalasHapus
  2. aku belum pernah nonton semuanya teh, kecuali friends itu jg blm tamat nontonnya huhu jadi penasaran sama series series lamanya barat hehe

    BalasHapus
  3. Alu nelum nonton semuanya :(
    Tapi emang judul Film selain Psych itu lumayan populer sih di Indonesia teh. Jadi penasaran .. spill link nya dong teh hihi

    BalasHapus
  4. wah yang Phsyc itu aku baru denger nih, tapi kalo Friends masih jadi juara di hatiku sih haha

    BalasHapus
  5. Psych pernah ntn selewat and bodor yaahh, wkwkkw,

    Kalo Teteh suka How I Met ur Mother kah??

    BalasHapus
  6. Wah aku belum nonton semuanya nih teh tapi penasaran buat nostalgia gitu ya

    BalasHapus
  7. Wah tontonan kita ga satu channel nih, hehe.. Aku lebih ke Asian dibanding Western.. Tapi aku juga suka komedi, kayanya aku mau coba BigBang Theory.. Lumayan buat nginget" pelajaran bahasa Inggris =))

    BalasHapus
  8. the big bang theory pernah nonton cuman aku lebih suka yang sheldonnya versi masih bocah

    BalasHapus

Haiii

Post of The Month

Cara Mudah Menyiapkan Sinking Fund untuk Kurban

Huy... Setelah sekian lama ngga ngisi blog, akhirnya semangatku muncul lagi. Kali ini aku lagi kepengen bahas finansial, lebih spesifiknya :...